Peran Perempuan dalam Berita Pelecehan Seksual pada Jakarta detik.com (Pendekatan Analisis Wacana Model Sara Mills)

Andini Khoirunisa

Abstract


Penelitian ini memebahas peran wanita pada berita pelecehan seksual di JAKARTA DETIK.COM. Dalam pemberitaan ini dijelaskan bagaimana asal mula terjadinya pelaporan pelecehan seksual pada korban, di dalam berita yang berjudul “Pengakuan Wanita Korban Pelecehan Seksual di Malaysia Airlines” ada beberapa pilihan kata yang disengaja atau tidak menunjukkan betapa wanita dipandang sebelah mata dan dimarginalkan. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan teori pendekatan Sarah Mills karena menjadikan wacana feminisme sebagai pusaran kajiannya. Sara Mills menerabas isu-isu perempuan seperti bagaimana perempuan ditampilkan dalam teks, gambar, foto serta dalam berita. Hal ini yang menjadi dasar sehingga pendekatan teori wacana Sara Mills dikenal pula dengan wacana persektif feminis. Terkait dengan posisi aktor dalam teks, maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana subyek-obyek menempatkan representasi sebagai bagian terpenting. Dengan demikian hal ini mengarah kepada bagaimana satu pihak, kelompok, orang, gagasan dan peristiwa direpresentasikan dengan teknik tertentu dalam wacana dan menghadirkan makna kepada publik. Setelah dilakukan kajian-kajian seputar bagaimana seorang wanita disuarakan dalam berita ini, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah JAKARTA DETIK.COM tidak begitu menyuarakan sang korban pelaku pelecehan seksual (wanita), karena dalam berita ini menggunakan beberapa kata yang cenderung memihak pelaku pelecehan seksual bukan malah membela si korban. 

 


References


Badara, A. 2014. Analisis Wacana: Teori, Metode, Dan Penerapannya Pada Wacana Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Darma, Y. A. (2014). Analisis wacana kritis. Bandung: Refika Aditama

Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS

_______. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS

Ibrahim, A. S. (Ed). 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihromi, T.O. 1995. Kajian Wanita dalam Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Purbo, O. (2016). Pengakuan Wanita Korban Pelecehan Seksual di Malaysia Airlines. Jakarta: Jakarta Detik.Com. (24 Oktober 2016)

Rokhmansyah, A. 2016. Pengantar Gender Dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/db.v1i1.47085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.