Nocturnal frontal lobe epilepsy atau parasomnia?

https://doi.org/10.22146/bns.v17i3.55793

Tis’a Callosum(1*), Imam Rusdi(2), Paryono Paryono(3)

(1) SMF Neurologi, RSUD Wates, Kulon Progo
(2) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Nocturnal frontal lobe epilepsy (NFLE) adalah salah satu jenis epilepsi yang dicirikan dengan adanya bangkitan yang hanya atau seringnya terjadi pada saat tidur, penyebabnya berasal dari lobus frontal. Nocturnal frontal lobe epilepsy sering dikelirukan diagnosisnya dengan salah satu jenis gangguan tidur yang disebut parasomnia, sampai sekitar 80%, karena memiliki tanda dan gejala serupa, berlangsung terutama pada malam hari.
Bangkitan NFLE dicirikan dengan gambaran klinis yang bervariasi dari: postur, gerakan lengan dan tungkai yang ritmis dan berulang, gerakan cepat yang tidak terkoordinasi, dengan komponen distonik dan diskinetik, aktivitas motorik kompleks (deambulation, keluyuran, pelvic thrusting), tiba-tiba mengangkat kepala dan badan dengan ekspresi ketakutan dan bersuara.
Cara membedakan NFLE dengan parasomnia adalah dengan karakteristik klinis, electroencephalography (EEG), polysomnography (PSG) dan skala frontal lobe epilepsy and parasomnia (FLEP).
Electroencephalography merupakan pemeriksaan yang umum digunakan untuk penegakan diagnosis epilepsi, tetapi pada NFLE pemeriksaan EEG tidak akan mudah apabila fokus epileptiform berada di bagian dalam otak atau di regio frontal mesial dan serangan terbatas hanya pada tidur fase non rapid eye movement (NREM). Polysomnography adalah perekaman aktivitas tidur dan kejadian fisiologis maupun patologis yang mungkin terjadi pada saat tidur. Polysomnography adalah baku emas untuk diagnosis NFLE, tetapi pemeriksaan ini mahal dan tidak semua sarana kesehatan memiliki alat PSG.
Skala FLEP merupakan skala yang digunakan untuk membedakan NFLE dengan parasomnia. Skala FLEP merupakan alat diagnostik yang baik, mudah dan murah dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi untuk membedakan NFLE dengan parasomnia. Diagnosis NFLE yang tepat adalah sangat penting, karena penatalaksanaan dan prognosis NFLE dengan parasomnia sangat berbeda.

Keywords


nocturnal frontal lobe epilepsy; diagnosis; skala FLEP; polysomnography; parasomnia

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bns.v17i3.55793

Article Metrics

Abstract views : 3250 | views : 2887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Berkala NeuroSains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.