Instructions for Author

PETUNJUK PENULISAN

Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat

 

Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat (BKM) adalah sebuah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menerbitkan, menyebarluaskan, dan mendiskusikan berbagai tulisan ilmiah yang terkait dengan bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat dalam menerima manuskrip akan menyaring untuk keaslian dan relevansi penelitian. Setelah penyaringan awal, manuskrip akan dikirimkan kepada mitra bestari untuk meninjau ulang isi manuskrip. Editor akan memutuskan penerimaan manuskrip dengan mempertimbangkan rekomendasi dari mitra bestari yang telah ditunjuk. Editor berhak meminta penulis untuk merevisi manuskrip apabila dipandang perlu. Deskripsi lebih lanjut mengenai petunjuk penulisan diuraikan di bawah.

  Jenis manuskrip

Tulisan yang dikirimkan kepada Redaksi adalah karangan yang belum pernah dan tidak sedang dipublikasikan di tempat lain dalam bentuk cetakan maupun elektronik (Dibuktikan dengan surat pernyataan dari penulis). Tulisan dapat berupa:

-      Artikel penelitian

-      Review atau tinjauan pustaka

-      Studi kasus

-      Letter to Editor

-      Viewpoint atau Perspektif

 Struktur manuskrip:

 Halaman Judul

-      Judul tidak lebih dari 14 kata yang ditulis dalam Bahasa lnggris dan Bahasa Indonesia. Judul harus mendeskripsikan apa yang dilaporkan di dalam manuskrip, tidak berisi singkatan atau angka numerik. Judul bukan merupakan ringkasan hasil atau kesimpulan tetapi deskripsi dari topik penelitian dalam manuskrip.

-      Tuliskan nama lengkap, alamat institusi dan alamat email semua penulis di  bawah judul. Masing-masing nama diberi nomor sesuai urutan penulis. Jangan menuliskan gelar atau jabatan profesional.

-      Mencantumkan afiliasi dari semua penulis termasuk: nama departemen,  instansi, kota, provinsi dan negara.

-      Nama penulis yang menjadi tujuan korespondensi meliputi: alamat lengkap surat-menyurat,  telepon/ HP, serta email

-      Penentuan urutan penulis harus sesuai dengan ketentuan International Committee of Medical Journal Editors (Silahkan klik  http://www.icmje.org/)

-      Anak judul atau sub judul tidak boleh lebih dari 50 huruf dan spasi.

-      Di akhir halaman judul, harus dicantumkan jumlah kata di dalam abstrak dan manuskrip.

Abstrak

Abstrak maksimal 250 kata dan ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dalam bentuk satu paragraf dengan struktur yaitu:

-      Latar Belakang: konteks dan tujuan penelitian

-      Metode: prosedur penelitian dan cara analisisnya.

-      Hasil: hasil-hasil utama dari penelitian

-      Kesimpulan: ringkasan penelitian singkat dan implikasinya

-      Kata kunci: abstrak disertai dengan  3 - 5 keywords/kata kunci.

Badan Manuskrip

 

-      Judul Manuskrip: Judul sama dengan yang tertulis di Halaman Judul. Judul tidak boleh lebih dari 14 kata. Bahasa yang digunakan sesuai dengan bahasa yang digunakan di dalam manuskrip (Indonesia atau Inggris)

-      Latar Belakang: Menjelaskan latar belakang penelitian, tujuan dan ringkasan dari penelitian yang telah ada serta alasan mengapa penelitian tersebut penting untuk dilakukan, diakhiri dengan tujuan penelitian (maksimal 500-750 kata)

-      Metode: Metode penelitian terdiri atas tujuan, desain dan konteks penelitian; sumber data; karakteristik partisipan atau bahan yang digunakan; teknik/instrumen penelitian; prosedur analisis yang digunakan dan persetujuan etik. (maksimal 500-1000 kata)

-      Hasil: menjelaskan hasil-hasil utama penelitian. Hasil dapat dideskripsikan di dalam narasi, tabel atau gambar, namun narasi sebaiknya tidak mengulangi informasi yang ada di table dan tidak mengandung opini (maksimal 500-1000 kata). Jumlah tabel dan gambar dalam manuskrip tidak lebih dari 6.

Pembahasan: mendiskusikan secara tepat dan argumentative hasil penelitian dengan teori dan temuan penelitian sebelumnya yang relevan. (maksimal 500-1000 kata)

-      Keterbatasan Penelitian: membahas kekurangan metodologi penelitian (maksimal 200 kata)

-      Kesimpulan: menyatakan kesimpulan penelitian secara jelas serta implikasinya (maksimal 200 kata)

 Pernyataan Terima Kasih diletakkan di atas kepustakaan. Nama-nama yang diutarakan dalam pernyataan harus disertai gelar, jabatan dan alamat kerja.

 Deklarasi Etik. Manuskrip dilampiri salinan ethical clearance yang sah bagi penelitian yang mendasarinya.

Daftar Pustaka

-      Penulisan kepustakaan memakai sistem penomoran (Vancouver style) sesuai dengan urutan kemunculannya dalam tulisan

-      Daftar Pustaka harus memuat semua sumber yang disebutkan di dalam Badan Manuskrip, dan sebaliknya, hanya referensi yang digunakan di dalam manuskrip yang dituliskan pada daftar pustaka.

-      Jumlah referensi minimal 15 artikel jurnal

 

Teknik Penulisan

-       Tulisan diketik dengan font Arial 11, spasi 1.5, pada kertas ukuran A4, 1 kolom

-      Jumlah kata di dalam badan manuskrip maksimal adalah 3500 kata untuk artikel penelitian, 6000 kata untuk review dan 1500 kata untuk studi kasus

-      Untuk penelitian kualitatif, maksimal adalah 6000 kata

-      Penulisan singkatan tanpa penjelasan hanya untuk unit pengukuran, selain itu harus menyebutkan kepanjangannya pada saat pertama kali singkatan tersebut dituliskan.

 

  1. 4.    Bahasa

-      Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku atau Bahasa Inggris dengan ejaan American English

-      Penulisan abstrak dalam Bahasa Inggris harus mengikuti tata Bahasa Inggris yang baik dan benar

-      Penggunaan istilah asing ditandai dengan italic

 

  1. 5.    Tabel dan Gambar

-      Tabel harus diberi judul di atas tabel dengan font Arial 8. Penomoran tabel menggunakan angka Romawi. Tabel harus dapat dipahami secara mandiri, tanpa membaca naskah lengkapnya. Bagian bawah tabel memuat keterangan yang menjelaskan simbol atau singkatan yang digunakan di dalam tabel.

-      Gambar diberi judul di bawah gambar. Penomoran gambar menggunakan 8 angka Romawi dengan font Arial 8[Aang1] 

 Penulis diwajibkan mengikuti alur dan ketentuan yang ada di Redaksi Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat.


  klik: alur proses penerbitan