PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

https://doi.org/10.22146/bip.8817

Susiati Tri Anastasia(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatn jurnal elektronik dan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memanfaatkan jurnal elektronik berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1989) yang sudah teruji sebagai tolok ukur dalam tujuan dan perilakuk individu dalam memanfaatkan teknologi. Penelitian menambahkan faktor-faktor eksternal complexity, user training dan self efficacy selain menggunakan variabel standar TAM yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, intention of use, dan actual to use.

Seratus mahasiswa yang menggunakan jurnal elektronik menjadi responden dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan pendekatan partial least square (PLS) untuk menjelaskan ada atau tidaknya hubungan antar variabel. Model yang diusulkan dalam penelitian ini dapat dijadikan model pemanfaatan jurnal elektronik.

kata kunci: electronic journal, technology acceptance model, partial least square, complexity, user training, self efficacy

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bip.8817

Article Metrics

Abstract views : 3868 | views : 3229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.