Perbandingan Efisiensi, Efektifitas dan Kualitas Algoritma Rijndael dengan Algoritma Camellia pada Citra Digital



Bagus Satrio Waluyo Poetro(1*), Retantyo Wardoyo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Algoritma kriptografi harus dirancang agar pada satu sisi dapat digunakan oleh pengguna yang sah, dan pada sisi lain sulit dipecahkan oleh penyerang. Kriteria penting untuk algoritma kriptografi yang baik adalah bahwa ia harus praktis efisien bagi pengguna yang sah. Sebuah algoritma juga umumnya diharapkan efektif yang artinya semua operasi yang akan dilakukan dalam algoritma harus cukup dasar bahwa secara prinsip dapat dikerjakan tepat dan dalam panjang waktu yang terbatas. Citra digital dapat dengan cepat disalin, dipindahkan, dan digandakan tanpa kehilangan informasi atau kualitas gambar. Inspeksi visual tidak cukup untuk menentukan kualitas dari citra terenkripsi.
Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan terhadap citra digital menggunakan algoritma Rijndael dan algoritma Camellia. Perbandingan dilakukan terhadap tiga format citra digital yaitu .bmp, .jpg, .png dengan ukuran citra uji 32x32 piksel. Penelitian ini menggunakan parameter Big O, Avalanche Effect, deviasi maksimum, koefisien korelasi, deviasi ketidakteraturan, waktu proses dan PSNR citra untuk menentukan efisensi, efektifitas, kualitas algoritma Rijndael dengan algoritma Camellia terhadap citra digital.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan beberapa kesimpulan yaitu algoritma Rijndael lebih efisien dibandingkan algoritma Camellia, algoritma Camellia lebih efektif dibandingkan algoritma Rijndael dan dari segi kualitas algoritma Rijndael lebih unggul dibandingkan dengan algoritma Camellia.
Kata kunci: Efisien, efektif, kualitas, citra digital, kriptografi, algoritma Rijndael, algoritma Camellia






Article Metrics

Abstract views : 1742 | views : 6197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.