ANALISIS PENERIMAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM AKUNTANSI TERINTEGRASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN UTAUT YANG DIMODIFIKASI DAN TEORI DIFUSI INOVASI

https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.79050

Anggit Firmansyah(1*), Sony Warsono(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


-Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat adopsi dari guru-guru SMK untuk mengadopsi Learning Management System (LMS) terintegrasi bernama SIDEK-Edu sebagai media mengajar di kelas yang dilihat dari sisi inovasi.

Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner online melalui google form.

Temuan – Penelitian ini menggabungkan faktor-faktor yang terdapat pada teori UTAUT, yaitu ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, dan niat keperilakuan, serta faktor-faktor yang Perceived Characteristic of Innovation (PCI) yaitu kompatibilitas, ketampakan hasil, dan ketercobaan. Dari 14 hipotesis yang diajukan sebanyak 10 hipotesis diterima dan 4 hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukan

bahwa inovasi-inovasi yang diberikan SIDEK-Edu dapat meningkatkan kinerja dan mempermudah guru- guru SMK dalam aktivitas mengajar mereka di kelas yang kemudian meningkatan niat mereka untuk mengadopsi SIDEK-Edu. Hasil lain menunjukan bahwa niat guru-guru SMK untuk mengadopsi SIDEK-Edu didasarkan pada keputusan mereka sendiri tanpa adanya pengaruh dari lingkungan sosial.

Batasan/Implikasi – Sampel yang dipilih dibatasi pada guru-guru akuntansi SMK di DIY dan Jawa Timur yang terdaftar atau mengikuti workshop terkait sosialisasi dan pelatihan SIDEK-Edu. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa inovasi-inovasi SIDEK-Edu telah memberikan metode baru dalam praktik akuntansi yang mempermudah pembelajaran akuntansi sebagai media pembelajaran. Penggunaan SIDEK-Edu akan mendukung adanya interaksi antara pengguna dengan teknologi yang membantu untuk memberikan kesiapan menghadapi era industri 4.0.

Originalitas/Nilai – SIDEK-Edu merupakan hal yang baru untuk diteliti dan merupakan LMS yang
berfokus pada pembelajaran akuntansi. Model yang digunakan pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan baru antara variabel-variabel PCI terhadap variabel-variabel UTAUT. Hubungan tersebut, yakni variabel eksogen UTAUT memediasi hubungan antara variabel PCI terhadap niat keperilakuan. Hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi dalam membangun teori yang berfokus pada interaksi manusia dengan teknologi.


Keywords


SIDEK-Edu;Learning Management System;LMS;UTAUT;Difusi Inovasi;Pembelajaran;E-learning;Niat Adopsi.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.79050

Article Metrics

Abstract views : 1055 | views : 1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500