ANALISIS PEMANFAATAN WEBSITE PASAR BRI DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA DENPASAR
Gita Apsari Dewi(1*), Sony Warsono(2)
(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendahuluan/Tujuan: Pandemi Covid-19 menyebabkan penutupan sementara pasar tradisional di Indonesia, khususnya Bali. Para pelaku pasar tradisional diharapkan mengadopsi pasar digital untuk meningkatkan penjualan selama pandemi. Website Pasar BRI merupakan platform yang berbasis marketplace yang dapat diakses oleh pembeli untuk bertransaksi online di pasar tradisional. Pemanfaatan website Pasar BRI sebagai sarana berbelanja secara online di pasar tradisional harus memperhatikan berbagai faktor, di antaranya manfaat yang diperoleh, kemudahan penggunaan, dukungan fasilitas dan pengetahuan untuk mengakses, biaya yang dikeluarkan, keamanan data, dan lain sebagainya. Rumusan Masalah: Penurunan angka penjualan yang dialami para pedagang di pasar tradisional selama masa pandemi Covid-19 memunculkan inovasi digital. Pemanfaatan website Pasar BRI oleh pembeli dapat memberikan gambaran atas ketertarikan dan respon pembeli. Ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, persepsi keamanan dan privasi digunakan untuk mengukur niat perilaku atau perilaku menggunakan website Pasar BRI. Variabel moderasi jenis kelamin, umur, dan pengalaman memoderasi hubungan variabel independen dan dependen. Orisinalitas: Pengadopsian Website Pasar BRI dengan menggunakan model UTAUT2 dan penambahan variabel persepsi keamanan dan privasi belum pernah diteliti di Indonesia, khususnya Kota Denpasar. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 139 responden yang memenuhi dengan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan SEM-PLS dengan bantuan perangkat lunak SMART PLS 3.3. Temuan/Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan tidak berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan website Pasar BRI. Motivasi hedonis, nilai harga, persepsi keamanan, persepsi privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan website Pasar BRI. Kebiasaan dan niat perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menggunakan website Pasar BRI. Kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku menggunakan website Pasar BRI. Sebagian besar variabel moderasi jenis kelamin, umur, dan pengalaman tidak memoderasi hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Kesimpulan: Pengadopsian website Pasar BRI belum sepenuhnya merepresentasikan keberhasilan atas penggunaan platform sebagai sarana berbelanja di pasar tradisional di Kota Denpasar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/abis.v10i1.73342
Article Metrics
Abstract views : 1465 | views : 1174Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
______________________________________________________________________________________________________
2302 - 1500