ANALISIS HASIL PENGUKURAN CUSTOMER LIFE-TIME VALUE UNTUK MENGUATKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN MEMAKSIMALKAN PROFITABILITAS PELANGGAN (STUDI KASUS DI CV. GUNAWITA MANDIRI)

https://doi.org/10.22146/abis.v5i3.59276

M. Difta Sadli(1*), Hardo Basuki(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada zaman globalisasi saat ini peningkatan persaingan dari semua aspek industri cukup signifikan, tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di industri penyedia atau penyalur produk (distributor) komponen kendaraan bermotor. Pembentukan distributor wilayah memang menyelesaikan permasalahan pemasaran dan pengembangan pasar perusahaan yang memproduksi komponen kendaraan bermotor namun berakibat pada peningkatan persaingan di level distributor. Termasuk pada CV. Gunawita Mandiri yang berkedudukan di Yogyakarta juga harus bersaing dengan para kompetitor, sehingga perusahaan di rasa perlu menerapkan sebuah sistem yang berhubungan dengan pelanggan. Sistem manajemen hubungan dengan pelanggan atau Customer Relation Management (CRM), agar lebih maksimal penggunaan metrik dari CRM yakni customer lifetime value (CLV) dapat membantu perusahaan dalam menilai dan mengelola sumberdaya secara tepat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan CV. Gunawita Mandiri sebagai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem CRM yang diterapkan objek penelitian belum maksimal dan masih hal sederhana, sedangkan hasil perhitungan CLV menunjukan bahwa nilai setiap pelanggan cukup baik tapi belum maksimal. hasil tersebut dapat membantu pihak manajemen perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat dalam upaya mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru, sehingga dapat dimaksimalkan profitabilitas setiap pelanggannya. Selain itu, perusahaan harus menerapakan beberapa program untuk pelanggannya agar kedekatan pelanggan dengan perusahaan menjadi lebih baik.

Keywords


Abis, Abisugm, Abismaksi, Maksi, Maksiugm, Feb, Febugm, ugm, distributor; customer relationship management (CRM), Customer Lifetime Value (CLV); pengambilan keputusan

Full Text:

PDF


References

Amstrong, G and P. Kotler (2004) “Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa Alexander Sindoror Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prehalindo.Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan, Ella Mae Matsumura, S. Mark Young. 2012. Management Accounting: Information for Decision Making and Strategy Execution, 6th Edition. Pearson.Buttle, Fancis A. 2007. Customer Relationship Management, Concept and Technology. New York: Elesevier Science Publication.Dwyer, R.F 1997. Customer Lifetime Valuation to Support Marketing Decision Making, Journal of Direct Marketing. 11(4): 6-13.Fader, P.S. Bruce. G.S. Hardie., and Lee, Ka Lok. 2005. RFM and CLV: Using Iso-Value Curve for Customers Base Analysis. Journal of Marketing Research 42: 415-430.Gupta, S., and Lehman., D.R 2005. Managing Customer as Investment: The Strategic Value of Customer in the Long Run. Wharton School Publishing.Gupta, S., and Donal, R.L 2003. Customer As Asset. Journal of Interactive of Marketing 17(1). 9-24.Kim, E. and Lee, B. (2007). An economic analysis of customer selection and leverage strategies in a market where network externalities exist. Decision Support Systems. 44 (1), 124-134.Kotler, P. 2003. Marketing from A-Z. New Jersey: Pearson Education.Kotler, P., and G Amstrong. (2004). Principle Of Marketing.,10th edition, New Jersey: Pearson Education.Kotler, P., and Keller, K.L. 2012. Marketing Management.14th edition, New Jersey: Pearson Education.Kumar V., W. J. Reinartz. (2006). Customer Relationship Management: A Database Approach. John Willey & Sons, Inc. USA.Lee, J.H., & Park, S. C. (2005). Intelligent profitable customer segmentation system based on business intelligent tools, Expert System with Applications.Lovelock, Christoper, 2002. Service Marketing and Management, 2nd edition, New York; Prentice Hall International.Matthew B. Mies and A. Micheal Huberman., (1994). “Qualitative data Analysis”. 2nd Edition. Sage Publication, Inc. United Kingdom.Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Edisi 3, Penerbit Salemba Empat.Payne, A. Christopher, H.M., and Ballantyne. 2000. Relationship Marketing: Bringing Quality, Customer Service and Marketing Together. Oxford: Butterwoth Heinemann Ltd.Sekaran U. dan Bougie R. (2013). Research Methods for Business. John Wiley & Sons Ltd: United Kingdom.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v5i3.59276

Article Metrics

Abstract views : 2384 | views : 2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500