EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA (STUDI PADA KANTOR KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN BANTUL)
Andi Amirullah Arif Tiro(1*), Rusdi Akbar(2)
(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
dengan melihat kesesuaian informasi menggunakan model logika cetak biru kinerja (performance blueprints) pada dokumen perencanaan strategis hingga pelaporan kinerja, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam penerapan sistem pengukuran kinerja pada kantor
Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan
wawancara mendalam terhadap pegawai negeri sipil (PNS) yang terkait dengan perencanaan
kinerja. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model alur logika Performance
Blueprint dan analisis data tekstual.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten
Bantul telah melakukan penerapan sistem pengukuran kinerja berdasarkan Peraturan Presiden
No. 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Namun
dalam penerapannya, mulai perencanaan kinerja sampai dengan pelaporan kinerja masih belum
cukup memberikan gambaran alur logika yang sesuai antar dokumen. Masih terdapat beberapa
ketidakselarasan, terutama antara perjanjian kinerja dan laporan kinerjanya dalam hal penetapan
program dan indikator kinerja. Kemudian berdasarkan evaluasi model performance blueprint,
secara umum indikator kinerja program yang ditetapkan masih berorientasi pada upaya (kuantitas upaya 56% dan kualitas upaya 44%), dan belum berorientasi pada dampak. Dan faktor-faktor
yang memengaruhi penerapan sistem pengukuran kinerja di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik
Bantul yaitu sumber daya manusia, status kelembagaan, rotasi pegawai, dan budaya ewuh pakewuh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, R, Robyn P, dan Brian P. 2012.”Performance Measurement inIndonesia: The Case of LocalGovernment”. Pacific AccountingReview, Vol. 24, No. 3, pp. 262-291.Akbar, R, Robyn P, dan Brian P.2015.”Implementing PerformanceMeasurement System: IndonesianLocal Government under pressure”.Qualitative Research in Accounting &Management, Vol.12, No.1, EmeraldGroup Publishing Limited.Antara Yogya. 2017. Nilai akuntabilitaskinerja Pemkab Bantul naik. Diaksestanggal 9 September 2017.https://jogja.antaranews.com/berita/345127/ nilai-akuntabilitas-kinerjapemkab-bantul-naik.Bastian, Indra. 2006. Akuntansi SektorPublik: Suatu Pengantar. Jakarta:Penerbit Erlangga.Cavalluzzo, K.S., dan Ittner, C.D. 2004.“Implementing performancemeasurement innovations: Evidencefrom government”. Accounting,Organizations and Society. Vol. 29Nos 3/4, pp. 243-267.Creswell, J.W. 2014. Research Design:Qualitative, Quantitative, and MixedMethods Approaches. Fourth ed.California: Sage Publication, IncDeputi Bidang Reformasi BirokrasiAkuntabilitas Aparatur danPengawasan 2017. Penyerahan LHEAKIP 2016 Wilayah Regional III,Menteri PAN-RB: Kinerja BirokratHarus Memberi Manfaat UntukRakyat. Diakses tanggal 9 September2017.https://rbkunwas.menpan.go.id/berita/berita-terkini/323-penyerahanlhe akip-2016-wilayah-regional-iiimenteri-panrb-kinerja-birokrat-harusmemberi-manfaat-untuk-rakyat.Detik News. 2017. Nilai Rata-rata KinerjaPemda Se-Indonesia Tahun 2016Masih C. Diakses tanggal 9September 2017. https://news.detik.-com/ berita/d-3409973/nilai-rata-ratakinerja-pemda-se-indonesia-tahun-2016-masih-c.DiMaggio, P.J., dan Powell, W.W. 1983.“The Iron Cage Revisited:Institutional Isomorphism andCollective Rationality inOrganizational Fields.” Dalam W.W. Powell & P. J. DiMaggio(editor). The New Institutionalism inOrganizational Analysis (p. 63-82).Chicago: The University of ChicagoPress.Hennink, M, Hunter, I, Bailey, I. 2011.Qualitative Research methods. LosAngeles : Sage Publication Ltd.Hood, C. 1991. “A Public Management forAll Seasons.” Journal PublicAdministration, Vol. 69 No.1, p. 3-19Indrawati, K. K. 2016. “EvaluasiImplementasi Sistem PengukuranKinerja (Studi Pada InspektoratKabupaten Purworejo)”. Tesis.14Yogyakarta: Magister ManajemenFarmasi Universitas Gadjah Mada.Kaskey, V. L. 2008. The BalancedScorecard: A Comparative Study ofAccounting Education and Experienceon Common Measure Bias and Trustin a Balanced Scorecard. PhDDissertation. School of Business andTechnology, Capella University, USA.Knowlton,W dan Philips, C. 2013. TheLogic Model Guidebook BetterStrategies for Great Results.California: Sage Publication.Kusumaningrum, S. 2015. “EvaluasiImplementasi Sistem PengukuranKinerja (Studi Pada PoltekkesKemenkes Ternate). Tesis.Yogyakarta: Magister ManajemenFarmasi Universitas Gadjah Mada.Lipe, M. G., dan Salterio, S. E. 2000. TheBalanced Scorecard: JudgmentalEffects of Common and UniquePerformance Measures. TheAccounting Review, 75 (3), 283-298.Longo, P. J. 2002. The PerformanceBlueprint: An Integrated LogicModel Developed to EnhancePerformance Measurement Literacy:The Case Performance-BasedContract Management. Paperpresented at the Annual Meeting ofAmerican Evaluation Association,Arlington, VA.Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik.Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.Meyer, J.W. dan Rowan, B. 1977.“Institutionalized organizations:formal structure as myth andceremony”. American Journal ofSociology. Vol. 83 No. 2, pp. 340-363.Peraturan Menteri Keuangan RepublikIndonesia Nomor 143/PMK.02/2015Tentang Petunjuk Penyusunan danPenelaahan Rencana Kerja danAnggaran KementerianNegara/Lembaga dan PengesahanDaftar Isian Pelaksanaan AnggaranRepublik Indonesia. 2006. PeraturanPemerintah Nomor 8 Tahun 2006tentang Pelaporan Keuangan danKinerja Instansi PemerintahRepublik Indonesia. 2014. PeraturanPresiden No 29 Tahun 2014 tentangSistem Akuntabilitas Kinerja InstansiPemerintah.Sorot Bantul. 2017. Hasil Evaluasi KinerjaOPD, Disdikpora dan KesbangpolDapat Raport Merah. Diaksestanggal 9 September 2017.http://bantul.sorot.co/berita-6071-bantul-hasil-evaulasi-kinerja-opddisdikpora-dan-kesbangpol-dapatraport-merah.html.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.Yin, R. K. 2009. Studi Kasus: Desain danMetode. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v6i2.59097
Article Metrics
Abstract views : 1192 | views : 3288Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
______________________________________________________________________________________________________
2302 - 1500