DESAIN MODEL BISNIS UNTUK MENCAPAI PERTUMBUHAN PERUSAHAAN YANG BERKELANJUTAN (STUDI PADA PT DIERA MUTIARA INTERNATIONAL)

https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59092

Yeni Oktriani(1*), C. Budi Santoso(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan industri kosmetik yang pesat dengan persaingan yang semakin kompetitif menyebabkan pelaku bisnis harus senantiasa melihat kondisi lingkungannya. Analisis Porter dananalisis SWOT merupakan alat yang powerful untuk menilai lingkungan bisnis. PT DieraMutiara International merupakan perusahaan yang baru dirintis pada September 2017, bergerak di industri kosmetik alami organik mencoba bersaing di industri ini. Sebagai perusahaanstart-up, PT Diera sebaiknya merancang model bisnis yang tepat. Tujuan penelitian ini adalahmendesain model bisnis dengan pendekatan 9 blok di PT Diera untuk mencapai pertumbuhanperusahaan yang berkelanjutan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatanstudi kasus, teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan purposive samplingdan pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara. Hasil penelitiannya adalah PTDiera memilih segmen pelanggan yang spesifik, dengan nilai yang diberikan adalah rasaaman dan nyaman, disampaikan melalui saluran penjualan langsung dan melalui jaringan reseller. Untuk menjaga loyalitas pelanggan perusahaan menyediakan konsultasi gratis dan diskon keanggotaan, lalu sumber daya utama yang mendominasi adalah karyawan dengan aktivitas utama ialah produksi dan penjualan, kemitraan yang dilakukan dengan pemasok, reseller dan distributor. Kemudian ditinjau dari sisi keungannya aliran pendapatan bersumberdari penjualan produk dan jasa dengan struktur biaya menjadi biaya tetap dan variabel dengankomponen terbesar pada biaya produksi.

Keywords


Abis, Abisugm, Maksi,Maksiygm, Feb, FebUgm, Analisis Lima Kekuatan Porter, Analisis SWOT, Pertumbuhan Perusahaan, Model Bisnis, Model Bisnis 9 Blok

Full Text:

PDF


References

Badan Pusat Statistik. 2017. “Pertumbuhanekonomi Indonesia” Berita Resmi Statistik, Oktober 2017. Diakses pada 4 Oktober2017.https://www.bps.go.id/index.php/brs/1365Baran, Roger, Christopher, Zerres. danMichael, Zerres. 2106. Customer Relationships Management. diakses pada 17 November 2017. Download free books atbookBooN.com.Bastian, Coes. 2014. “Critically AssessingThe Strengths and Limitations of TheBusiness Model Canvas” Journal of master thesis business administration. Diaksespada 4 Oktober 2017.Chesbrough, H. & Rosenbloom, R S.2002. ”The Role of the Business Model inCapturing Value from Innovation”. Indus9trial and Corporate Change, Volume 11,pp.529-555Creswell, JW. 2014. Research Design:Qualitative, Quantitative, and MixedMethod. Fourth Editon. USA: SAGE Publication, INC.Chopra, S. & Meindl, P. 2016. SupplyChain Managemen: Strategy, Planningand Operation. Six Edition, PearsonDavid, F.R. 2013. Strategic Management:a Competitive Advantage Approach. Fourteenth Edition, Global Edition, Pearson.Gamble, JE. Peteraf, Margaret. Thompson,AA. 2017. Essential of Strategic Management: The Quest for Competitive Advantage. McGraw Hill Education.Guba, E.G, dan Lincoln, Y.S. 1994.“Competing Paradigms in Qualitative Research”. dalam N.K Denzin & Y.S Lincoln(Eds.), Handbook of Qualitative Research(pp.105 - 117). Thousand Oaks, CA: SageHarian Ekonomi Neraca. (16 Oktober2017). “11 Perusahaan Kosmetik AsalTaiwan Ikut Misi Dagang di Indonesia”diterbitkan dalam berita onlinehttp://www.neraca.co.id/article/91532/11-perusahaan-kosmetik-asal-taiwan-ikutmisi-dagang-di-indonesia.Industri.bisnis.com (02 Agustus 2017).“Naik 10% Tahun lalu, pemerintah TerusPacu Industri Jamu dan Kosmetik” diterbitkan dalam berita onlinehttp://industri.bisnis.com/read/20170802/257/677271/naik-10-tahun-lalu-pemerintahterus-pacu-industri-jamu-dan-kosmetik.Kemenperin.go.id (3 Agustus 2017) “Industri Kosmetik dan Jamu Mampu Serap15 Juta Tenaga Kerja – Dunia Usaha”sumber dari neraca.co.idKotler, Philip dan Keller, K. L. translate.2008. Marketing Management. Edisi ketiga belas, diterjemahkan oleh Penerbit Erlangga.Kotler, Philip dan Keller, K. L. 2016.Marketing Management. Global edition15. Pearson.Kumar, V. & Reinartz, W. 2012. CustomerRelationships Management: Concept,Strategy, and Tools Springer.Magretta, J. 2002: “Why Business ModelsMatter”. Harvard Business Review 80,Machfoedz, Mahmud. 2007. PengantarBisnis Modern. Yogyakarta : C.V AndiOffset.Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994.Qualitative Data Analysis. London: SagePublishers.Mitchell, D., C, Coles. 2004. “BusinessModel Innovation Breakthrough Moves”.The Journal of Business Strategy, 25(1).Morris, Michael, Schindehutte, M., & Allen, J. 2005. “The Entrepreneur's BusinessModel: Toward a Unified Perspective”.Journal of business research 58 (726-735).Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan danPengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Edisi Kedua.Jakarta: Salemba Empat.Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. Edisi 5,Cetakan ke -15. UPP STIM YKPN.O’Neill, Terrence W. 2015. “The businessmodel canvas as a platform for businessinformation literacy instruction”. Reference Services Review, Vol. 43 Issue: 3,diakses pada 20 Oktober 2017https://doi.org/10.1108/RSR-02-2015-0013Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Tucci, CL. 2005: “Clarifying Business Models: Origins, Present, and Future of the Concept”.10Communications of the Association forInformation Systems 15Osterwalder, A. dan Pigneur, Y 2010.Business Model Generation. John Willey& Sons, Hoboken – NJPearce II, Jhon A. &Robinson Richard B.Jr 2003. Strategic Management: Formulation, Implementation and Control. EighthEdition, Mcgraw-Hill Higher Education.Porter, M.E 2008. “The Five CompetitiveForces Shape Strategy”. Harvard BusinessReview 86, no 1, pp.80 - 86Qu. Q.S & Dumay J, 2011. “The Qualitative Research Interview”. Qualitative Research in Accounting and Management, 8(3), 238 - 264Sekaran, Uma & Bougie. 2013. ResearchMethods for Bussiness. John Willey andSons Ltd: United KingdomStampfl, George 2014. The process ofBusiness Model Innovation: An EmpiricalExploration. Springles Gabler.Supriyono, R.A 1987. Akuntansi Manajemen I: Konsep Dasar Akuntansi Manajemen dan Proses Perencanaan. BPFEYogyakarta.Teece, D. 2010. “Business models, business strategy and innovation”. Long RangePlanning 43Thompson, A.A., Gamble, J.E, dan Strickland, A.J. 2016. Crafting and ExecutingStrategy: Concepts and Cases. (Globaledition). 20E Edition. MC. Graw Hill International Edition.Voigt, Ingo, Buliga, dan Kathrin. 2017.Business Model Pionners: How InnovatorsSuccessfully Implement New BusinessModels. Springer



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59092

Article Metrics

Abstract views : 710 | views : 1993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500