ANALISIS KESELARASAN DOKUMEN PERENCANAAN DAN DOKUMEN PENGANGGARAN PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (STUDI PADA DINAS PERTANIAN DAN DINAS PARIWISATA)

https://doi.org/10.22146/abis.v7i1.58824

Firsta Noorviant Dinarsofa(1*), Irwan Taufiq Ritonga(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


INTISARI

Konsistensi/ keselarasan antara perencanaan dan penganggaran penting diperhatikan karena merupakan salah satu indikator dalam menilai kinerja pemerintah daerah, agar seluruh program dan kegiatan pemerintah berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Isu keselarasan di Pemda DIY juga menjadi isu yang penting karena dengan mewujudkan keselarasan dalam perencanaan dan penganggaran maka dapat berkontribusi menjadi salah satu komponen dalam mendukung terciptanya visi dan misi Gubernur DIY serta meningkatkan akuntabilitas pemerintahan Pemda DIY. Seperti yang diketahui bahwa meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik merupakan misi ke-tiga dalam RPJMD DIY 2012-2017 dengan salah satu sasarannya yaitu akuntabilitas kinerja pemerintah daerah yang meningkat.

            Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keselarasan dokumen perencanaan dan dokumen penganggaran. Penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dilakukan melalui studi dokumen/ content analysist. dan wawancara. Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata sebagai dua SKPD yang dianggap sebagai tulang punggung pencapaian visi/ misi Gubernur DIY 2013-2017 dijadikan sampel penelitian. Keselarasan dokumen perencanaan dan dokumen penganggaran diukur melalui tiga dimensi yaitu dimensi nomenklatur, dimensi target kinerja dan dimensi pagu anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keselarasan secara dimensi nomenklatur dan dimensi target kinerja posisi Dinas Pariwisata berada diatas Dinas Pertanian. Sedangkan keselarasan secara dimensi pagu anggaran, keduanya masih menunjukkan nilai yang buruk.

 


Keywords


Keselarasan, perencanaan dan penganggaran, tata kelola pemerintahan yang baik.

Full Text:

PDF


References

Daftar Pustaka Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches: Fourth edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Khusaini, M. 2009. The Analysis of Consistency of Planning and Budgeting (Study of Some Districts and Cities in Indonesia). Malang: FE B U niversitas Brawi jaya. Moleong. Lexy. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya. Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. Wyatt K., Lisa and Phillips, Cynthia C. 2013. The Logic Model Guidebook: Better Strategies For Great Results. Sage Publication-California, USA.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v7i1.58824

Article Metrics

Abstract views : 1609 | views : 1209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500