Cover Image

KEMAMPUAN GENTENG PLASTIK BERGELOMBANG (CORRUGATED PLASTIC) SEBAGAI BIOFILTER PARTIKEL AMONIAK DAN BAHAN ORGANIK DI MEDIA BUDIDAYA DAN LIMBAH CAIR BUDIDAYA IKAN (Performance of Corrugated Plastic as Biofilter of Ammonia Particle and Organic Material)

https://doi.org/10.22146/jml.18705

Muslim Muslim(1*)

(1) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pertumbuhan budidaya ikan dalam beberapa dekade ini berkembang sangat pesat, hal ini karena permintaan akan ikan meningkat. Meningkatnya kegiatan budidaya ikan selalu diiringi dengan meningkatnya limbah yang dihasilkan. Hal ini akan sangat cepat berpengaruh bila sistem budidaya yang dipakai adalah semi intesif atau intensif. Limbah tersebut harus segera dihilangkan atau dikurangi, karena akan berdampak pada ikan yang dibudidaya dan lingkungan seperti sungai dan laut. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan genteng plastik bergelombang mengurangi limbah yang dihasilkan budidaya ikan yaitu Total Suspended Sediment (TSS), Suspended Sediment (SS), amoniak dan bahan organik (COD). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa air limbah budidaya ikan yang mengandung TSS, SS, amoniak dan bahan organik setelah dilewatkan dengan genteng plastik bergelombang konsentrasinya menurun dengan tingkat efisiensi pengurangan yang terjadi di dalam kolam ikan dan di luar kolam ikan adalah sebagai berikut: 74,51% dan 54,42% (TSS); 39,20% dan 49,12% (SS); 19,82% dan 14,2% (amoniak); dan 24,82% dan 22,47% (COD). Ternyata genteng plastik bergelombang mempunyai tingkat pengurangan (g/m3/hr) dan tingkat pengurangan spesifik (mg/m2/hr) terhadap kandungan amoniak lebih efektif bila dibandingkan dengan material lain seperti plastic rolls, scrub pads, pipa PVC dan lain sebagainya.

 

ABSTRACT

Aquaculture has been developing rapidly during the last few decades; it is due to the increase of fish demand. Increasing aquaculture activities especially with semi-intensive and intensive system have significant effect on waste production, which has to be removed or to be reduced quickly because will effect on fish in rearing tank and environment when through away to environment such as river and sea. The objectives of this study were to know the capability of corrugated plastic to remove or to reduce wastes content produced by aquaculture activities, i.e, Total Suspended Sediment (TSS), Suspended Sediment (SS), ammonia and organic matter (COD). The result of the study showed that corrugated plastic effectively reduced TSS, SS, ammonia and COD both within rearing tank and in the outside of rearing tank with removal efficiency: 74.51% and 54.42% (TSS); 39.20% and 49.12% (SS); 19.82% and 14.2% (ammonia); and 24.82% and 22.47% (COD). When corrugated plastic is compared with other materials such as plastic rolls, scrub pads, PVC pipes etc, it is shown that corrugated plastic performed significantly higher removal rate (g/m3/d) and specific removal rate (mg/m2/d) to ammonia.






DOI: https://doi.org/10.22146/jml.18705

Article Metrics

Abstract views : 2343 | views : 1663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Manusia dan Lingkungan



JML Indexed by:

  

Web
Analytics View My Stats