Cover Image

PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN TERUMBU KARANG DI PESISIR PANTAI KABUPATEN GUNUNG KIDUL (Community Participation in the Preservation of Coral Reef at the Coastal Area of Gunung Kidul Regency, Yogyakarta, Indonesia)

https://doi.org/10.22146/jml.18572

Francisca Romana Harjiyatni(1*)

(1) Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi Kabupaten Gunung Kidul yang meliputi Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Drini, dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya peran serta masyarakat dalam upaya pelestarian terumbu karang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari para responden dan pengamatan ke obyek yang diteliti, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan arsip yang ada kaitannya dengan materi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya peran serta masyarakat dalam pelestarian ekosistem terumbu karang adalah karena kesadaran masyarakat untuk berperan dalam pelestarian ekosistem terumbu karang masih rendah. Rendahnya kesadaran masyarakat tidak terlepas dari faktor tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakat yang masih rendah, kondisi tanah pertanian yang tidak menjanjikan  serta kurang disosialisasikannya peraturan lingkungan hidup dan tidak ada tindakan yang tegas terhadap pelanggar. Telah ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian terumbu karang, yaitu penyuluhan tetapi penyuluhan yang dilakukan mengenai lingkungan hidup secara umum tidak khusus mengenai terumbu karang. Upaya lain adalah memberikan bimbingan mengenai pemanfaatan sumber daya hayati laut dan ekosistem terumbu karang. Hal ini pun tidak banyak dilakukan oleh masyarakat karena mereka menginginkan hasil yang besar dan cepat sehingga pendapatannya juga besar. Untuk itu perlu diupayakan pengembangan mata pencaharian alternatif yang bersifat berkelanjutan bagi masyarakat yang selama ini memanfaatkan sumber daya dari terumbu karang. Diperlukan pula keberanian untuk melalukan tindakan yang tegas terhadap pelanggar. Hal paling utama ialah menumbuhkan pemahaman yang kuat tentang pentingnya kelestarian ekosistem terumbu karang dan kesadaran untuk berperan dalam pelestarian ekosistem terumbu karang. Masyarakat dilibatkan perannya sebagai pengawas sosial dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan dalam setiap usaha/kegiatan baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta, dan ini akan tercapai jika kesadaran masyarakat sudah tinggi. 

 

ABSTRACT

This study was condacted Gunung Kidul Regency at there locations, i.e. Baron Beach, Kukup Beach, and Drini Beach. The purpose was to assess factors causing the lack of community participation in efforts to preserve the coral reef ecosystem. This research is a a qualitatively descrtive in nature. While the primary data was obtained from respondents and observations of objects investigated, the secondary data was obtained from references and file studies related to the research materials. The result of the study showed that the factor causing the lack of community participation in efforts to preserve the coral reef ecosystem was that the community awareness in the preservation of coral reef ecosystem was still low. It was due to the low education, low income level, infertile soil, unpopular environment regulation and disappointing law enforcement. There has been some efforts to increase the community awareness in coral reef preservation, i.e. by education, but the topic was about the environment as a whole, not specifically about the coral reef. Another effort was by giving guidance about the utilization of sea resources and coral reef ecosystem. It was also little done by the community, because they want something big and quick yielding to increase their income. Thus, the development of sustained alternative jobs must be created for the community that, during this time, they utilize the resources from coral reef. It also needs an effort to establish the more strict regulation. The most important effort is to explain the significance of coral reef ecosystem preservation and to arouse the awareness to participate in coral reef ecosystem preservation. The community should involve in that efforts as a social controller and they should also involve in the process of decision making dealing with activities or business is performed by the government and private sector. This can be achieved if the awareness of community is high.





DOI: https://doi.org/10.22146/jml.18572

Article Metrics

Abstract views : 6478 | views : 7720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Manusia dan Lingkungan



JML Indexed by:

  

Web
Analytics View My Stats