Cover Image

PERAN REMITAN TKI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PERMUKIMAN DI DESA JANGKARAN KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULONPROGO (The Role of Remitances of Indonesian Labor in the Settlement Quality Increase in Jangkaran Village, Temon Sub District, Kulonprogo)

https://doi.org/10.22146/jml.18485

Endah Dwi Astuti(1), Sri Rum Giyarsih(2*)

(1) Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan Fakultas Geografi UGM Yogyakarta Sekip Utara Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta
(2) Bagian Pengembangan SDM PT. Sinarmas Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Jl. Raya Batulicin Tanah bumbu Kalimantan Selatan
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Motif utama para TKI bekerja di luar negeri adalah untuk memperoleh penghasilan yang lebih baik dari pada di daerah asal. Penghasilan yang diperoleh ini tidak dihabiskan di daerah tujuan tetapi sebagian besar dikirimkan sebagai remitan ke daerah asal. Pemanfaatan remitan di daerah asal sangat beraneka ragam. Penelitian ini dilakukan di Desa Jangkaran yang merupakan desa yang paling banyak mengirimkan TKI ke luar negeri di Kabupaten Kulonprogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran remitan terhadap peningkatan kualitas permukiman. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur terhadap 72 KK yang memiliki anggota rumah tangga bekerja sebagai TKI di luar negeri serta wawancara mendalam kepada beberapa informan. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kualitas permukiman pada rumah tangga sebelum menjadi TKI dan setelah menjadi TKI. Penelitian ini juga menemukan adanya peningkatan jumlah rumah tangga yang mempunyai kualitas permukiman tinggi yaitu dari 31,94% sebelum menjadi TKI menjadi 55,56% setelah menjadi TKI. Peningkatan kualitas permukiman tidak lepas dari peran remitan yang dikirimkan oleh TKI. Pemanfaatan remitan yang dialokasikan untuk meningkatkan kualitas permukiman ini sangat tinggi yaitu mencapai 81,9% dari total remitan yang ada.


ABSTRACT

The main purpose of Indonesian labor working abroad is to gain better income than it is in their hometown. The obtained income is not only spent in the destination region but also, most of it, was sent as remittances to their hometown. The expenditure varies in utilization. This research is conducted in Jangkaran Village as the one in Kulon Progo Regency that sends most of Indonesian labor abroad. The aim of this research is to analyze the role of remittances in increasing the settlement quality. The method used in this research is survey. Data gathering was conducted by structured interview to 72 heads of family whose member works as Indonesian labor abroad and in-depth interview to several informant. Data processing and analysis were conducted by quantitative and qualitative analysis methods. The result of this research shows the existence of differences in settlement quality between before and after condition of becoming Indonesian labor. It also found the presence of the increase of household numbers which have high settlement quality i.e. from 31.94% before becoming Indonesian labor to 55,56% after it.


Keywords


remitan; TKI; kualitas permukiman; remittances; Indonesian labor; settlement quality




DOI: https://doi.org/10.22146/jml.18485

Article Metrics

Abstract views : 1398 | views : 1184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Manusia dan Lingkungan



JML Indexed by:

  

Web
Analytics View My Stats