Pendekatan Model Analisis Persentase Berat Butiran Pupuk Kompos Daun Bambu

https://doi.org/10.22146/a.77011

Raden Sugiarto(1*), Noordiana Herry Purwanti(2)

(1) Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Yogyakarta
(2) Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pupuk kompos berbahan dasar daun bambu berbentuk granul luaran IbM 2017 belum seragam ukuran butiran maupun kekerasannya, sehingga kurang efektif dan efisien apabila digunakan pada tanaman khususnya dalam budidaya hidroponik di perkotaan. Pendekatan model analisis ukuran butiran sebagai upaya perbaikan mutu serapan dan efisiensi penggunaan pupuk  kompos berbahan dasar daun bambu, merupakan penerapan inovasi granulasi pupuk hasil IbM 2017 dan PKM 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembuatan pupuk kompos daun bambu bentuk granul yang seragam ukuran dan lepas lambat hara, mendapatkan komposisi daun bambu dan pupuk kandang yang tepat agar diperoleh pupuk granul dengan kandungan hara dan mutu yang optimum, membuat ukuran diameter sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Teknologi Tepat Guna Institut Pertanian (INTAN) Yogyakarta melalui   mengembangkan model pendekatan analisis dimensi yang akan mampu menduga beragam ukuranpupuk butiran. Pupuk butiran selanjutnya diuji kelambatan dalam melepas unsur haranya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat butiran ditentukan oleh masa bahan organik, kepadatan butiran, kecepatan putar pembutiran, waktu putar dan berat pupuk kandang sebagai campuran

Keywords


pupuk kompos, butiran, model analisis dimensi

Full Text:

PDF


References

Murphy, G., 1950. Similitude in Engineering. The Ronald Press Company, New York. 302 p.

Purwanti, Noordiana Herry, Adi Sutoko, Woro Rismiyatun, 2017. Pemanfaatan Daun Bambu sebagai Bahan Baku Pupuk Organik untuk Mengembalikan Daya Dukung Lahan Pertanian di Desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta.79 halaman. Tidak dipublikasikan.

Purwanti, Noordiana Herry, Adi Sutoko, Woro Rismiyatun, 2019. Pemanfaatan Daun Bambu sebagai Bahan Baku Pupuk Organik di Desa Margomulyo, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Adarma, volume 6/XII/2019 ISSN 2443-130, halaman 85-91.

Sahwan, Firman L, Sri Wahyono dan Feddy Suryanto, 2011.Evaluasi Proses Produksi Pupuk Organik Granul (POG) yang Diperkaya dengan Mikroba Fungsional. Jurnal Teknologi Lingkungan volume 12 nomor 1 hal 7-16. p-ISSN 1441-318X, e- ISSN 2548-6101.

Watkins, R.K. and O.K. Shupe, 1976. Introduction to Experimentation. Engineering Experiment Station Utah State University, Logan, Utah.

Wulandari, Putri, Joko Nugroho, Nursigit Bintoro, 2015. Pengaruh Komposisi Bahan dan Lama Waktu Proses Granulasi terhadap Sifat Fisik Pupuk Organik Granul dari Limbah Rumput Laut. http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=89430&obyek_id=4



DOI: https://doi.org/10.22146/a.77011

Article Metrics

Abstract views : 942 | views : 890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.